Halaman

Senin, 20 Juli 2020

saraf kanan politik nusantara terkendala


saraf kanan politik nusantara terkendala

Mau basah-basah lidah bahas politik, modal bahasa politik dan kamus politik. Agar cespleng kepleng, comot fakta di lapangan dari pekerja politik maupun petugas partai. Tampak ilmiah edukasi akademis, terapkan dalil banding-sanding-tanding secara acak dengan negara sesama ASEAN.

Cita-cita nasional selain merdeka, ada ikhwal lain yang tersirat. Ketahuan belakangan, setelah terjadi aneka kejadian kehidupan berbangsa dan bernegara. Oknum pengkhianat malah bangga jual beli perkara. Stigma apapun tak akan melunturkan nilai jual politisnya. Menjadi catatan khusus yang mendongkrak nilai jual terkait biaya politik.

Sejarah nasional menyisakan catatan ringan agar rakyat paham. Adalah partai politik maupun organisasi kemasyarakatan yang dideklarasikan sebelum Proklamasi Kemerdekaan NKRI 17 Agustus 1945, patut disebut menentukan warna politik nusantara. Sampai kapan pun.

Penulis dengan sengaja tanpa rencana dalam hati dan bebas pikir ilmiah. Kembali ke sebutan sastra politik. Layak didaulat selaku bentukan dan wujudan seni total baca dan tulis. Seninya seni tak ada ikatan yuridis formal dengan hak asasi. Kental kandungan religi dari berbagai aspek seni hidup di dunia dan sekaligus nantinya di akhirat.

Orisinalitas, otentisitas, ketulenannya mempresentasikan kehidupan manusia beradab sesuai zamannya. Keterungkapan identitas kemanusiaan di balik atribut kepartaian akan diestafetkan ke generasi tanpa batas waktu. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar