Halaman

Sabtu, 18 Juli 2020

investasi barang baru, dendam tak kesampaian vs kursi warisan ketinggian


investasi barang baru, dendam tak kesampaian vs kursi warisan ketinggian

Lingkaran setan menjadikan judul bisa dinarasi edukasi dari mana saja. Tak terkait dengan setan nusantara. Harapan pada celah pendekatan berbudi-budi. Keberbudian menjadikan konsep budi adalah konsep nilai yang bersifat internal, pribadi. Antar saudara kandung, kandungan budi bisa bertolak belakang.

Fungsi budi, memang berawal menjadi hak milik individu. Perkembangan manusia dan perangkat akal mempercepat laju peradaban. Muncul peribahasa "baik bangsa karena budi, rusak bangsa karena budi".  Tiap suku bangsa rumpun nusantara berketurunan, punya aneka versi kata-bijak berbasis lema ‘budi’ dan ‘akal’.

Olah kata selaku seni sinerfi akal-budi menjadi multimanfaat, multiguna. Mengajak pemirsa untuk berani diri mengungkapan hasil kesadaran atas realialitas kehidupan. Bentukan kehidupan yang akan diwariskan, dilanjutlestarikan oleh generasi pengguna masa depan.

Potensi bangsa besar karena jumlah penduduk nomor empat di dunia. Meraih derajat jiwa besar lewat cerdas politik. Politik tergantung tangan-tangan penggerak. Hanya sedikit yang menjadi pemikir. Lanjut dengan berani pakai vs pakai berani. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar