Halaman

Jumat, 24 Juli 2020

pilpres 2019 vs pilkada kota tangsel 2020


pilpres 2019 vs pilkada kota tangsel 2020

Jika ada pasangan 03 pada pilpres rabu 17 April 2019, tanpa analisa apapun, akan mengalahkan suara pasangan 01 maupun pasangan 02. Sejarah sudah tahu, mana emas mana Loyang. Selebihnya, bangsa nusantara ternyata masih punya sia-sisa hak untuk menentukan nasib diri. Tuna hara tanah, sarat pupuk kimiawi, bibit apkiran plus salah musim, itulah cagar politik nusantara.

Sisa pilkada serentak yang hari-H kalah pamor dengan agresi covid-19 wuhan. Salah satu dari 3 kabupaten/kota rawan konflik politik adalah kota Tangerang Selatan. Politik dinasti garapan Orde Baru masih eksis berlanjut. Bahkan skala provinsinya, yaitu Banten. Kepala daerah langganan KPK, tak bikin nyali politik trah menciut. Sebaliknya, sudah tahu trik jitu.

Petahana wakil walikota Tangsel berkolaborasi dengan trah negara bayangan. Perpanjangan tangan 01 dan 02 pilpres 2019, menjadikan sementara ada 3 (tiga) pasangan. Koalisi parpol pilpres tak berlaku di pilkada. Kepentingan politik yang menentukan. Pihak mana yang akan menjadi pasangan 03 bak pilpres 2019, bisa dianalisa ala kadarnya.

Pemilih lawas maupun pemilih pemula dari kalangan penduduk pendatang, kaum penglaju, rumit diprediksi arah anginnya. Biaya politik terasa di tahap pasca coblosan. Serangan fajar tak efektif bahkan percuma bin sia-sia. Trauma pemilu serentak 2019 masih membara. Bukan tanpa efek domino. Pemukim tradisional sudah tidak gagap politik. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar