Halaman

Jumat, 08 Mei 2020

suara rakyat hak milik partai vs derita rakyat tanggung jawab ybs


suara rakyat hak milik partai vs derita rakyat tanggung jawab ybs

Judul merupakan kesimpulan garing ringan dari aneka ujaran terkait pesta demokrasi daripada Suharto. Kejadian perkara, peristiwa, kasus tidak secara sampel, tidak secara acak. Disebut sebagai ciri khas praktik demokrasi multipartai yang sedang belajar memungut suara. Rakyat diformat wajib tanpa tanya, menggunakan hak politik satu arah.

Pemberdayaan, pembudidayaan pranata politik adalah salah satu jurus ampuh mewujudkan negara yang berketahanan politik. Internalisasi pranata politik mengandung komunikasi interaksi, interelasi antar rakyat maupun antar kelompok masyarakat. Rakyat sebagai kekuatan pendukung pada sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta.

Kuasa politik menjadikan bursa lelang kursi kekuasaan eksekutif, legislatif ataupun yudikatif, kian merangsang minat pihak dari mana pun.  Konfigurasi relasi kuasa berbasis trias politika, melahirkan kekuatan keempat.

Jadi apabila diartikan dari segi bahasa maka demokrasi adalah rakyat yang berkuasa atau government of role by the people atau pemerintahan yang berasal dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar, menjadi pedoman manusia politik. Artinya, tidak perlu ada Undang-Undang yang menjelaskan secara jelas apa itu daulat rakyat. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar