Halaman

Senin, 04 Mei 2020

puasa karena iman vs iman karena puasa

puasa karena iman vs iman karena puasa

Doa mohon panjang umur agar bisa sampai bulan Ramadhan. Siapkan diri dengan puasa sunah rutin atau dua bulan jelang Ramadhan. Perintah ibadah puasa Ramadhan seolah hanya diingat atau dilantunkan pada saatnya.

Ada baiknya sesuai judul kita coba ungkap ungakapan. Pakai asas banding, sanding, tanding dengan “hidup untuk makan vs makan untuk hidup”. Juga tidak. Puasa Ramadhan tidak hanya puasanya saja yang wajib. Diiringi, ditambah kewajiban ringan lain. Bukti bahwasanya praktik agama perlu dukungan ilmu, bimbingan ahlinya. Total 24 jam, total sebulan penuh.

Kandungan pokok puasa Ramadhan sebagai ibadah individual yang sarat ibadah sosial. Efek agresi covid-19 membuat bangsa merasakan sila persatuan Indonesia. Bentuk solidaritas, soliditas atau kerukunan aras lokal hidup kembali. Dirumahkan menjadi daya dorong penghuni untuk kreatif, produktif dan kembali ke alam. Merasakan status selaku makhluk sosial.

Pasca Ramadhan, manusia kembali dengan gelar awal jauh sebelum dilahirkan di dunia. Laga 11 bulan sampai Ramadhan berikutnya. Apakah kembali ke adat semula, ke kedudukan awal, ke posisi langganan atau menempati klas baru.

Jangan sampai terjebak toleransi semu demi jaga perasaan dengan pihak beda akidah. Atau dengan sesama umat Islam yang sedang dapat dispensasi. Lebih daripada itu, jangan merasa telah meraih derajat manusia super. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar