Halaman

Minggu, 03 Mei 2020

abstraksi cinta tanah air kian abstrak

abstraksi cinta tanah air kian abstrak

Selama pasar tradisional dengan segala bentuk dan waktu raktik masih bergema tanda ada denyut nadi kehidupan. Bukti lain dari adanya aksi cinta air. Mengutamakan produk lokal, alami dan menggerakan ekonomi rakyat yang kental daya kepancasilaannya. Mata rantai produsen ke tangan konsumen tidak memberatkan biaya logistik. Dibilang ada yang ongkir gratis.

PSK alias pedagang sayur keleliling menjadi perpanjangan tangan pasar tradisional. Hukum tawar menawar mulai terjadi dengan arif dan jaga martabat. Ibu rumga yang melek gadget, tahu arti biaya transportasi, ongkos memproses kulakan, dsb. Pelanggan yang tak banyak cing-cong, dihormati PSK. Mau menerima order eceran atau partai gurem.

Ilustrasi di atas masih terjadi di akar rumput, masyarakat papan bawah, lapisan rakyat klas teri yang sulit dipetakan secara politis. Meningkat ke lapis di atasnya, Beda pasal sama perkara. Vonis bisa ditakar, dinegosiasikan dengan asas keberimbangan sesuai siapa yang berperkara.

Konflik ideologis,  politik dan doktrinal versi nusantara mampu menyerap cadangan energi bangsa sampai generasi pewaris bangsa kebagian ampas. Bahkan ampas saja sudah ada yang pesan partai besar. Konflik horizontal politik karena beda pilihan pada pilpres, bukti ringan peradaban berbasis hukum rimba.

Pembangunan Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan (Polhukhankam) Indonesia 2020-2024 diarahkan menuju kelembagaan politik dan hukum yang mapan. Kondisi tersebut ditandai dengan terwujudnya konsolidasi demokrasi; terwujudnya supremasi hukum, penegakan hak asasi manusia dan birokrasi profesional; terciptanya rasa aman dan damai bagi seluruh rakyat; serta terjaganya keutuhan wilayah NKRI dan kedaulatan negara dari berbagai ancaman, baik dari dalam maupun luar negeri.

Kondisi tersebut merupakan “kondisi perlu” untuk mendukung terlaksananya pembangunan bidang lainnya. Dalam menghadirkan “kondisi perlu”, Pembangunan Polhukhankam memperhatikan perkembangan yang terjadi di dalam dan luar negeri. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar