Halaman

Kamis, 28 Mei 2020

penuh tapi tidak sepenuhnya


penuh tapi tidak sepenuhnya

Pokoknya ada, yang penting “ada” soal bisa tidaknya, lihat nanti. Asal syarat minimal diikuti, lanjut dengan rencana atau tahap berikutnya.  Bukan syarat minimal atau asal di atas margin, liwat ambang bawah, rata-rata lokal dianggap laik. Angka keamanan menjadi penentu batas aman. Bukan standar lokal.

Bentuk lain dari ambil peringkat atas untuk skala ideal. Urutan berikutnya untuk misi yang tingkat kesulitan moderat. Pertimbangan sederhana cek rekam jejak, catatan khusus atau tampilan diri. Hasil wawancara secara langsung bisa mendeteksi potensi tersembunyi seseorang.

Terkadang, manusia yang seolah sudah jadi, belum tentu terpilih secara alami. Matang luar atau cepat matang bukan jaminan tahan banting. Yang tampak kekar bukan berarti kuat mental. Tapi yang ahli berujar menguasi forum atau di kuping terasa isi omongan beda. Bisa ditunjuk jabat ketua satuan tugas khusus.

Namanya usaha bersama atau sama-sama mengusahakan usaha yang sama. Beda nilai satu angka, atau digit dikelakang koma akan menentukan nasib masa depan. Akhirnya orang terjebak batasan nilai kehidupan secara duniawi.

Akhirnya, tradisi kehidupan masyarakat manusia sigap antisipasi agresi tekanan global dan arus intervensi segala arah. Daya religiusitas kian terasah. Menempatkan, memposisikan maupun “mengamankan” nikmat dunia hanya di tangan, bukan dipateri, ditimbun di hati. Tenteram karena merasa jiwa di genggaman-Nya.

Jadi jangan kau kejar, kau uber, kau utamakan paket harian dunia. Cari paket atau tiket terusan di jalur lurus menuju kampung akhirat. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar