Halaman

Kamis, 07 Mei 2020

membisiki tuhan daftar belanja pandemi genap


membisiki tuhan daftar belanja pandemi genap

Rasa ingin tahu, rasa mau rasa apa saja. Kebutuhan hidup dan keperluan untuk hidup menjadi tantangan pihak berkepentingan. Pakai jalan tengah, moderat atau manasuka. Semua anak suku bangsa keturunan langsung manusia nusantara. Mempunyai hak dan kesempatan yang sama selaku penduduk.

Ketika suasana kebatinan global terpapar wujud hantu menerjang siapa saja, dimana saja, kapan saja. Mendadak ingat sila Persatuan Indonesia. Tetapi apa lacur, PSK dalam jaringan mampu merubah karier terkait.

Tindak proaktif, preventif atau kiat manjur meningkatkan kapasitas lokal aktor kesehatan dan non kesehatan agar tanggap untuk kedaruratan di masa mendatang. Aksi dan  reaksi lokal muncul dari bahaya yang memang nyata ada. Tetapi kebanyakan muncul dari minimnya pengetahuan, gagal paham, rumor dan misinformasi.

Stigma politik dan diskriminasi politik dapat dikaitkan dengan pandemi lokal. Menghadapi lawan politik bak terhadap orang-orang yang pernah tertular, keluarganya dan tenaga kesehatan serta petugas garis depan gugus tugas yang berjibaku. Perhatian wajar tak menarik perhatian harus diberikan untuk mendukung integrasi orang-orang yang pernah terdampak penyakit politik.  

Asumsi sistem politik nusantara yang positif, beberapa oknum mungkin memiliki pengalaman positif seperti merasa bangga menemukan modus mengatasi tekanan dan bertahan sambil cari kawan. Di tengah bencana politik, manusia politik tanpa diminta menunjukkan sikap pengorbanan dan kerja sama. Oknum dimaksud tentu dapat merasakan kepuasan semu yang besar.  Merasa mampu membantu kehidupan pihak lain.

Perintah atasan atau konsekuensi jabatan (ambtelijk bevel) sebagai penyebab korupsi kawanan birokrasi.  [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar