Halaman

Selasa, 14 April 2020

negara kelebihan kursi, desa kekurangan sawah


negara kelebihan kursi, desa kekurangan sawah

Makanya pakai ilmu komunikasi. Bisa kontak lawan jenis, bisa kenal kamar sebelah, bisa tahu beda pilihan. Meningkat, praktikkan dalil keterhubungan, resep ketersambungan, rumus timbal-balik, ramuan keterikatan sekaligus keterkaitan, formula serba saling vs merasa serba. Padahal terjadi pasal keseimbangan, kesetaraan, keadilan, keterpaduan, keteraduan (adu kuat, adu kaya, adu kuasa).

Peribahasa berbahasa Jawa: “negara mawa tata, desa mawa cara”. Diartikan negara dengan tata desa dengan cara. Atau bisa juga negara memiliki peraturan (hukum), desa memiliki adat istiadat.

Adab bermasyarakat, berbangsa, bernegara di negara Pancasila. sudah dibakukan, dibukukan, dibekukan bahwasanya murni terbetuk 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara. Otomatis, praktik bermasyarakat tak perlu pilar. Sebagai dasar terjadinya kehidupan interaksi antar manusia.

Ramuan ajaib revolusi mental mampu menjadikan siapa pun menjadi apa saja. Aturan main adalah di kandang harimau sudah diatur cara mengaum. Paket auman tersedia sesuai selera dompet. Pilih paket satu periode bebas OTT, bebas peremajaan dan sirkulasi kursi atau perpanjangan tiap tahun.

Adat desa sebagai ladang amal, lahan pahala. Urusan perut menjadi bagian sederhana HAM. Daya belanja manusia dan atau orang, tergantung kapasitas perut masing-masing. Tak layak, tak lazim disamagendutkan.

Geopolitik nusantara, bagaimana bunyi sunyinya. Lapisan demi lapisan tanah-air bisa dilipat. Negara agraris terdegradasi sepetak demi sepetak. Utamakan perut pengusaha. Jaga martabat bangsa dengan menjalin barter politik. Pakai rumus manusia ekonomi yang berpengalaman menentukan nasib bangsa liwat kebijakan manusia politik.

Masa berlaku penguasa sesuai kontrak politik. Bidang garap dan daya jelajah pengusaha, pakai paribasan “njajah desa milang kori”. Keseimbangan alam, ada yang bisa ditumpuk berbanding lurus dengan ada yang bisa diciutkan. Jadilah kombinasi negara agraris minimalis. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar