Halaman

Sabtu, 18 April 2020

ingatan pribadi disesaki pasal peringan


ingatan pribadi disesaki pasal peringan

Pengalaman masa lalu kalau tidak dikendalikan dengan bijak, bisa menjadi beban dan momok kehidupan. Langkah mitigasi agar lebih terbuka mencerdasi masa depan. Kadar keilmiahan seolah bertolak belakang dengan taraf keimanan. Efek domino mengagungkan daya akal, olah nalar, tata pikir.

Seseorang yang disebut berakal atau mampu menggunakan akal sehat bilamana mampu sabar dengan segala tingkatannya. Daya sabar merupakan fungsi pasang surut emosi. Manusia tnemiliki sifat bawaan berupa hawa nafsu sekaligus dianugerahi seperangkat akal untuk mengendalikan hawa nafsunya.

Sejatinya faktor pembeda antara manusia yang tahu adat, beradab dengan yang  mendadak lupa. Tergantung pada kemampuan  mengendalikan nafsunya, menjaga  perasaan, mengelola emosi serta mendayagunakan akhlak saat bergaul, interaksi sosial ke arah martabat kemanusiaan.

Jati diri seseorang pada hakikatnya memuat tiga dimensi yakni personal, interpersonal, dan komunitas. Komposisi 3 komponen pola pikir, lagak tindak, gaya ucap menentukan akhlak seseorang. Sifat dinamis sesuai laju waktu, tambah tumbuh umur juga menentukan perimbangan 3 komponen tersebut. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar