Halaman

Rabu, 01 April 2020

gerakan nasional politik (hidup) sehat nusantara


gerakan nasional politik (hidup) sehat nusantara

Bukan gaya hidup, apalagi daya hidup. Mulai pandangan hidup sampai perjuangan hidup. Sejalan dengan martabat umur manusia. Sehat sebagai manusia tentu dari semua aspek. Lingkungan sehat didaulat menentukan sehat manusia dan sebaliknya.

Bukan karena ada pembantu presiden yang punya tugas pokok bersehat-sehat rakyat. Sampai eksistensi km/wc menjadi bidang garap pemerintah dan pemda. Secara politis tidak mendongkrak pamor pejabat negara. Tapi skala tertentu bisa untuk menarik minat asing untuk berinvestasi.

Terminologi, batasan apa itu ‘sehat’ sesuai selera pihak berkepentingan. Keberlakuannya tidak didominasi oleh manusia sebagai makhluk hidup. Seperti di alinea pertama, tersurat lingkungan sehat. Lebih luas, dalam dan tinggi sampai strata negara.

Apa rumusan ‘negara sehat’. Kadar sehat penyelenggara negara, dari skala minus sampai bikin gempa politik. Tepatnya, manusia politik yang terikat akad jual-beli kursi, sudah menampilkan profil sehat. Semakin sehat, kian kuat melahap apa saja. Uang negara masih dianggap recehan.

Jangan lama-lama. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar