Halaman

Senin, 20 April 2020

tarif waktu duduk vs biaya nomor kursi


tarif waktu duduk vs biaya nomor kursi

Waktu yang dibutuhkan, dipakai, dihabiskan pesawat udara, antara saat usai mendarat dengan jelang terbang, menjadi pertimbangan ekonomis perusahaan. Teori antrian menghasilkan rumus ekonomi. Jam sibuk komersial dengan jam senggang sosial, beda tarif. Berapa maskapai tergantung jasa pelabuhan udara. Standar non-Rp.

Semakin lama sebuah pesawat terparkir di bandara (waktu turnaround) maka biaya parkir juga akan makin mahal. Selama waktu tersebut, pesawat dibongkar, diservis, dibersihkan, dimuat kembali, dan ditata kembali untuk menyambut penumpang baru. Waktu turnaround AirAsia hanya 25 menit untuk semua penerbangannya. Untuk melakukannya, AirAsia perlu memiliki produktivitas awak yang fantastis. Bandingkan dengan waktu turnaround yang dijalani maskapai full service, yakni sekitar satu jam. (https://www.timesindonesia.co.id/read/news/233982/13-fakta-menarik-airasia-yang-tak-banyak-diketahui-orang)

Pesta demokrasi lima tahunan daripada Suharto, macam pemilu serentak, rabu 17 April 2019, tak identik dengan hak duduk selama lima tahun. Tak terkecuali untuk jabatan presiden dan atau jabatan wakil presiden. Makna pasangan didominasi nilai jual pilpres, sesuai sistem multipartai. Sinergitasnya bersifat dinamis, serba adu, sarat saling, aneka tega. 100 hari pertama sudah terbukti secara formal, kinyis-kinyis.

Tarik mundur hitungan lima tahun penuh, siang malam. Manakala dalil defacto maupun dejure, itu bisa dikompromikan. Tiap tahun kontrak politik bisa direvisi ringan, diperpanjang dengan tarif progresif atau balik nama. Pergantian antar waktu menjadi pasal pembenaran terjadinya peremajaan. Terlebih bagi oknum cacat politik.

Namanya politik. Tak pakai lama. Selang 1x24 sudah terjadi pergantian penduduk kursi plus pengambilan janji dan sumpah jabatan. Langsung gelar rapat atau tampil di depan awak media massa bayaran. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar