Halaman

Rabu, 08 April 2020

bantuan sosial tekanan politik vs bantuan politik tekanan sosial


bantuan sosial tekanan politik vs bantuan politik tekanan sosial

Sudah jamak di kuping ada sebutan sospol, tataran akademis maupun istilah pemerintahan. Seolah ada hubungan kekerabatan, kelogial antara sosial dengan politik. Saking familiar, susah membedakan atau mencari garis pemisah. Sebagai ilmu, dogma atau gaya-gayaan agar tampak gaya.

Adam sebagai manusia surga pertama. Agar tak kesepian, Allah swt menciptakan manusia kedua, lawan-jenis bernama Hawa. Asal muasal manusia sebagai makhluk sosial. Adam-Hawa selaku makhluk sosial berbagi nikmat surga. Allah swt menetapkan dan menerapkan aturan main. Godaan rayuan maut iblis menjadikan Adam-Hawa menjadi manusia pertama melanggar perintah-Nya.

Sampai akhir zaman, anak keturunan Adam-Hawa menjadi manusia bumi. Agar supaya dapat kembali sebagai manusia surga, manusia wajib melaksanakan segala perintah-Nya sekaligus menjauhi semua larangan-Nya. Selama hidup di dunia, manusia tak akan luput dari cobaan dan ujian kehidupan dari-Nya.

Status khalifah berbasis satuan makhluk sosial, terjadi klasifikasi yang berdampak pada martabat, kodrat manusia. Keragaman horisontal atau diferensiasi sosial, masih lumayan imbang pro dan kontranya. Masih manusiawi untuk memudahkan urusan hidup.

Lain pasal dengan stratifikasi sosial alias keragaman vertikal. Manusia bisa beda dan memang beda, tapi jangan dipertajam. Soal ada kasta pada agama bumi, itu HAM universal kiranya. Untung tak dapat dihitung. Kehidupan manusia bermasyarakat diperlukan tata aturan yang disebut pranata sosial. Kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara melahirkan partai politik. Pemirsa berharap muncul pranata politik (bukan bagi-bagi kursi penyelenggara negara).

Pranata sosial berbahan baku aneka norma yang berlangsung di masyarakat. Pranata politik bentuk nyata, wujud praktik hukum rimba politik nusantara. Penyebab pertama dan utama konflik sosial sudah dilegalitas adalah politik. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar