Halaman

Jumat, 22 November 2019

peolok-olok politik nusantara, jiwa kering ujaran garing


peolok-olok politik nusantara, jiwa kering ujaran garing

Bersyukur, penyakit politik menjadi hak milik bangsa negara berkembang. Soal tahun terbang sebagai negara merdeka, tak ngefek. Manusia politik suka status dimaksud. Tidak ada batas kadaluwarsa. Kecuali jika sudah ada deformasi, transformasi yang tampak nyata oleh indera mata, kasatmata. Syarat untuk menambah utang luar negeri. Ini yang didamba penguasa setiap periode.

Imbangan penyakir politik, pemerintah mengedarkan paket canda politik. Bagian integral dari ramah investor. Atau skenario dari negara pemberi bantuan gratis tidak mengikat. Sebagai pihak penerima bantuan, akan masuk pasal merasa berhutang budi. Masuk jebakan jika suatu saat sang pemberi alias – beri-man – dermawan, pemurah hati, si ringan tangan minta bantuan. Sebagai bangsa berpancasila, pihak asing sudah tahu watak dan harga diri si penerima kado.

Kemudian daripada itu untuk membentuk sistem politik yang menganut asas menerima dan atau memberi, jasa, timbal balik, barter, ijon, kredit candak kulak, pesan kursi perdana jauh tahun.

Akhirnya, mekanisme sensorik manusa politik segala kasta, tak ada hubungan kinerja dengan panca indera. Kualifikasi kawanan pegiat politik sudah sedemikiannya, wajar jika politik sebagai agama dunia. mampu mewujudkan cita-cita meraih nikmat dunia, menumpuk sukses dunia.

Budaya berbahasa yang benar sesuai  tatabahasa, baik sesuai tatakrama maupun bagus sesuai tataselera. Diaduk-aduk, diacak-acak, dibolak-balik. Kecanduan, ketagihan gawai melanda anak masih kandungan.

Kerja hati, kalbu, nurani atau budi pekerti, terabaikan secara sadar, berkelanjutan. Utamakan rasa tanpa tenggang rasa. Pokoknya cari kepuasan, kesenangan diri jika sudah menista orang lain dengan segala gaya. Semakin banyak produk ujaran nista berbanding lurus dengan kadungan nista di diri ybs. Kelamaan disimpan akan cepat basi dan menjadi racun diri. Diserap oleh tubuh menjadi sumber energi, kalori.. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar