Halaman

Senin, 25 November 2019

besar umpan daripada mangsa


besar umpan daripada mangsa

Bukan perumpamaan. Terjadi pada kehidupan manusia. Tepatnya, dialami, dilakukan oleh pehobi mancing ikan di laut. Biaya perjalanan laut hingga binatang laut yang terpancing, yang termakan umpan. Secara ekonomis. Namanya hobi. Beda dengan nelayan yang melaut.

Di dunia otomotif. Ada klas mobil mewah, supermewah. Anehnya, ada mobil tak masuk kategori mewah. Tapi yang punya orang kaya. Betul-betul sebagai kendaraan pribadi. Nyaris egois. Sebutan supercar. Lagi-lagi pemiliknya sebagai pehobi.

Busana yang dikenakan seseorang. Bisa sebagai gambaran harga diri si pemakai. Pihak lain, sebagai pendongkrak citra, wibawa, pesona. Pakai busana berklas, bermerk. Soal kw, produk lokal ditempel merk atau duplikasi, repikasi, tiruan. Pengguna akhir merasa nyaman. Mau apa. Gengsi tanpa isi.

Banyak kejadian nyata di nusantara. Sedemikannya. Disimpulkan menjadi judul. Mau bilang ada anggaran demokrasi, biaya politik, harga kursi eksekutif dan atau legislatif, nilai tukar atau kurs tengah pasal hukum. Hanya puncak gunung es di lautan luas. Daerah tujuan wisata pemancing. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar