Halaman

Sabtu, 05 Desember 2020

nusantara bebas batas dan sekat norma

nusantara bebas batas dan sekat norma

 Luasan lahan tempat tinggal yang sempit dan minim sekat tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, namun juga pada kesehatan psikologis anggota keluarga, rumah tangga minimalis. Bahwa negara menjamin pemenuhan kebutuhan warga negara atas tempat tinggal yang layak dan terjangkau dalam rangka membangun manusia Indonesia seutuhnya, berjati diri, mandiri, dan produktif berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

 Seangker-angkernya rimba belantara nusantara atau sebutan lainnya, masih kalah keramat, wingit, sakral dengan istana negara tempat tinggal raja hutan. Karena istana adalah simbol kekuasaan penguasa yang diperoleh secara konstitusional, demokratis. Baik-buruk, benar-salah, ditentukan suara mayoritas. Secara aklamasi.

 Efektivitas, kemanfaatan nyata, terukur kadar multipartai. Peta politik nasional menjadi perluasan atau persambungan peta politik dunia.

 Memangnya demokrasi aplusan vs demokrasi oplosan menjadi karakter sistem pemerintahan. Pola politik résiprokal sejalan dengan nilai jual kandidat dengan harga pasar lokal. Konflik internal partai politik berbanding lurus dengan ongkos jasa cari nomor jadi. Juga tidak. Coblos nama bukan jaminan. Tingkat persaingan internal dialami partai politik peserta  yang menunjukkan batasan mana yang terpilih dan sebaliknya. [HaéN]

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar