Halaman

Minggu, 23 Juni 2019

utang negara saya numpuk agawé kursi ambruk


utang negara saya numpuk agawé kursi ambruk

Seperti permainan anak. Cuma yang ini lebih bersifat untung-untungan. Bukan judi atau adu nasib. Mengandalkan kecerobohan lawan main atau pasangan main. Kombinasi antara main halma, catur dan petak-umpet. Duduk manis di belakan meja tunggu upeti tapi juga harus blusukan ke lokasi uber sabetan. Jemput bola sebelum diserobot kamar sebelah.

Perlu mencari permainan apa yang merupakan permainan unggulan anak-anak. Sehingga mampu membentuk karakter anak sebagai bagian awal bangsa pribumi. Melacak kontribusi permainan unggulan anak-anak yang menambah nilai jual bangsa.

Saling keterkaitan daya guna antar mainan anak, sesuai usia dan atau kelompok bermain, akan menentukan sikap kedewasaan jika sang anak dewasa nanti.

Jadi, katanya keterkaitan ke belakang (backward linkages) adalah keterkaitan suatu permainan dan mainan anak  terhadap jenis mainan lain. Ditandai mampu  menyumbang input atau masukan pada etape berikutnya. Ukuran untuk melihat keterkaitan ke belakang permainan dan mainan anak digunakan indeks daya penyebaran.

Keterkaitan ke depan (forward linkages) adalah keterkaitan suatu jenis permainan dan mainan anak yang bersifat lokal, yang menghasilkan output atau keluaran untuk digunakan sebagai input atau masukan bagi permainan dan mainan anak lokal meningkat ke regional. Ukuran untuk melihat keterkaitan ke depan permainan dan mainan anak digunakan indeks derajat kepekaan.

Permainan dan mainan unggulan anak-anak dapat ditemukenali dengan melihat informasi dolanan bocah yang memiliki keterkaitan ke belakang (backward linkages) atau disebut juga derajat kepekaan yang  tinggi dan keterkaitan ke depan (forward linkages) atau daya sebar yang tinggi.

Permainan dan mainan unggulan anak-anak sangat besar peranannya dalam memacu dan memicu pertumbuhan kedewasan orang dewasa.  termasuk menjadi lokomotif penggerak bagi sub-kedewasaan lainnya sehingga dapat meningkatkan daya saing terhadap dolanan bocah lainnya.

Politik memang bukan dolanan bocah. Tetapi pemainnya menjadi kebocah-bocahan. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar