Halaman

Jumat, 28 Juni 2019

10 menit dari gerbang jalan tol vs jalan kaki ke sekolah menengah


10 menit dari gerbang jalan tol vs jalan kaki ke sekolah menengah

Bangku sekolah bukan hanya membingungkan orang tua murid. Itu zaman dulu. Sekarang, berkat kepedulian pemerintah. Untuk mendaftar sekolah menengah pakai asas taat teritorial tempat tinggal sesuai lokasi sekolah. Disebut sistem zonasi penerimaan peserta didik baru.

Soal ketersediaan sekolah menengah di setiap kelurahan, cek wewenang, kewajiban siapa. Sejalan dengan kampanye politik pilkada, “sekolah gratis”. Tapi tidak melihat standar kebutuhan sekolah di daerahnya.

Akankah akibat rentang pendidikan kian panjang. Mulai PAUD sampai strata 3 atau setingkat. Mau tak mau, peserta didik memang harus siap sejak dini. Kegiatan les yang seolah wajib, menjadi beban tersendiri.

Sistem zonasi menumbuhkan ikatan teritorial. Tak akan mengurangi peserta didik ke sekolah bawa motor sendiri. Atau di antar, satu motor berpenumpang >2 anak sekolah. Tradisi tawuran antar sekolah bertetangga dan pola lainnya, akan tereduksi.

Bisa-bisa daya tarik pengusaha, pembangun, pengembang kawasan perumahan dan permukiman dengan memanfaatkan lokasi sekolah menengah negeri yang ada. Atau karena faktor jumlah penduduk, mendorong pemerintah daerah untuk menyediakan fasilitas pendidikan. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar