Halaman

Selasa, 05 Februari 2019

menapak bumi, tebar dan serap energi positif


menapak bumi, tebar dan serap energi positif

Dalil bahw asanya lantai, ubin, tegel masjid akan jadi saksi. Dinding, kolom tempat bersandar terkantuk dengar majelis ilmu, ajukan kesaksian. Bekas wudhu tampak benderang di wajah umat Islam saat pengadilan akhirat.

Berangkat dari rumah diiringi baca doa, dzikir, shalawat. Jalur yang kita liwati, direkam peta. Bukan hanya menjadi jalur evakuasi. Diputar ulang sebagai bukti. Ditambah dengan adab senyum , sapa, salam jika sua dengan sesama umat manusia. Pulang dari masjid, disunahkan pilih jalur beda.

Setiap langkah menuntut ilmu. Malaikat bersaksi dan mendoakan. Langkah amal menjadi berkah lingkungan. Bumi menjadi saksi. Di tempat manapun, dalam keadaan dan kondisi bagaimana pun, kita tetap ingat Allah swt. Benda yang secara fisik disebuta benda mati, tetap berdzikir.

Keperdulian umat Islam terhadap lingkungan tempat tinggal. Setiap langkah berharap Allah swt menjaga lingkungan. Menjadi surga dunia. Penghuni merasa aman, nyaman, tentram. Rukun tetangga, rukun warga tidak sekedar formalitas urusan adminstrasi kepemerintahan di akar rumput. Adab bertetangga disuratkan maupun disiratkan di Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah saw.

Allah swt akan menunda musibah pada suatu hunian, kaum, komunitas teritorial. Karena masih ada anak muda yang ahli masjid. Sebaliknya. Jika ada kelompok umat Islam yang tak ambil pusing pada tindakan maksiat. Jaga perasaan atau demi aman diri. Musibah tak pandang warna bulu.

Jalan kaki jelajah jalan lingkungan. Zig-zag antar blok, antar RT, antar RW. Seolah semua jalur tak ada yang bebas polusi asap knalpot. Pemotor tak sabar. Tanda jalan searah tak berlaku bagi yang memanfaatkan waktu dan jarak.

Mau panen jambu air. Keliling jalan lingkungan usai subuh. Sebelum dilindas ban. Mangga runtuh menjadi hak atau jatah pengguna jalan. Buah lain juga tersedia. Waspada menjalankan tapak kaki. Gundukan tahi kucing, anjing masih utuh siap keinjak. Aroma bongkaran sampah bertebaran.

Jalan tidak sekedar jaringan. Menjadi ikatan moral, ikatan batin penghuni. Jika setiap umat Islam sedekah bumi – maaf, semoga tidak salah ungkap – bumi tahu terima kasih. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar