Halaman

Sabtu, 04 Mei 2019

judul hari ini bukan jaminan


judul hari ini bukan jaminan

Aplikasi blogspot mendukung produk olahkata saya. Label sesuai tema yang acap saya pakai. Untuk tayangan di blogspot pakai label ‘kisahku’. Sudah lebih dari tiga ribu judul tayang.

Pengalaman membuat judul. Kata kunci  pada judul 10 entri populer,  tak serta merta jika dipakai pada judul beda judul. Menarik minat pihak yang haus ilmu. Seni berjudul, yaitu jangan sampai membuat judul yang sama. Kalau sama jangan dibuat berepisode. Hindari judul yang sama. Walau isi bisa jauh beda.

Antar kata kunci pada judul. Termasuk yang saya gunakan adalah simbol “vs” atau versus. Dikotomis, dilematis atau ikhwal kontradiktif. Cerdas judul tampak menggunakan ide sendiri. Atau mengkanibal dua istilah yang tak ada hubungan diplomatik. Tapi akrab di mata.

Kembali ke nilai dasar judul. Sesuai niatan awal. Statistik menunjukkan banyak hal. Kaitan waktu dan jumlah pengentri, penayang. Penulis gaptek soal ini. apalagi simak postingan. Singkat kata. Hari ini mulai pukul 07:00. Tanggal berubah mulai pukul 00:00.

Pasang surut pembaca, kendati terbuka untuk semua negara, praktik 24 jam. Jika sejauh 12 jam atau sampai pukul 19:00, judul yang masuk masih sepi peminat. Inilah seni menulis. Kendati judul sesuai fakta terkini. Atau mewakli kondisi terkini. Atau mewakili pihak yang ingin mendapat fakta lain daripada yang lain.

Kebalikannya. Baru di-input. Sudak terjaring oleh pihak yang butuh substansi segar. Waktu cek di nama penulis.blogspot ada simbol ‘sendok bersilang dengan garpu’. Bukan simbol ada rumah makan. Macam rambu jelang rest area.

Ayo makan . . . membaca. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar