Halaman

Sabtu, 06 April 2019

mulai dari angka nol vs kembali ke titik minus


mulai dari angka nol vs kembali ke titik minus

Kontribusi, sirkulasi, distribusi bahan pokok politik di tahun politik 2018 dan 2019. Manusia politik kian tidak paham, mana kanan dan mana kiri. Apalagi melihat perbedaan yang tersirat. Asal syahwat politik terpenuhi. Untuk hari ini dan sedikit pagi. Besok, siapa lagi yang bisa disikat.

Maka dari itu, kejahatan siber (sikat bersih) tidak bisa dipidanakan. Sekedar jadi bahan omong kosong, haram hukumnya. Bagian utuh dari sistem politik Nusantara. Demokrasi menjadi pasal legitimasi menumpuk atau memusatkan kekuasaan di satu kendali.

Modus saber (sapu bersih) menjadi hak milik juara umum pesta demokrasi. Pihak lawan politik jangan sampai bisa mencium aroma dan bau kursi. Siap resiko hadapi kenyataan pahit. RSJ provinsi siaga 24 jam menampung pasien luberan yang tak kebagian kursi wakil rakyat, wakil daerah.

Pendukung dua pasangan capres, yang akhirnya juga sama-sama hanya terima porsi ucapan terima kasih. Bisa mendadak sadar diri. Selama ini ternyata dia tidak kemana-mana. Tidak berbuat apa-apa. Fantasi politik sudah menembus batas lokasi dan menerabas beda waktu. Akhirnya cuma segitu-gitunya. Blas ora cucuk mbokdé mukiyo.

Asal tahu saja. Sudah adat. Penikmat kursi, nasibnya lebih jauh dari nikmat sebenarnya. Ybs saja tidak tahu. Atau sudah tahu betul, makanya berani malu. Kalau begitu. Pitutur luhur, dengan ujaran sarat makna, “menang dapat tulang, kalah kebagian kuah”. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar