Halaman

Sabtu, 20 April 2019

ke(b)utuhan Nusantara, menu politik cepat basi vs demokrasi hitung cepat


ke(b)utuhan Nusantara, menu politik cepat basi vs demokrasi hitung cepat

Mana yang lebih dominan di pelataran politik Nusantara. Antara bungkuk udang dengan otak udang. Paling dikenal adalah ‘ada udang di balik wajan’.

Bagaimana manusia politik memposisikan dirinya. Menghadapi juragan dari kawanan manusia ekoniomi, berlaku pasal bungkuk kepala tanda siap kerjakan! Tak perlu mikir. Argo politik menggiurkan. Semakin setia, bonus bebas bertebaran dari segala arah. Kalau perlu panen sendiri di kebun kita.

Diyakini secara awam. Ketika penguasa menghadapai rakyat pemilih dari kamar sebelah. Makar terselubung diberlakukan secara seksama. Pilihan rakyat yang tak sesuai skenario politik, dimanipulasi dengan dukungan pengabdian penuh dedikasi orang pemerintah. Petugas partai saja di bawah kendalai. Apalagi cuma petugas penyelenggara pemilu serentak. Kecil. Dikipasi Rp ratusan juta, langsung berkipas-kipas tanda setia.

Kemajuan peradaban. Bandar politik di tahun politik 2019, ikut main di semua lini. Mulai dari mendirikan bentukan partai politik sampai pilihan rakyat yang merakyat, Rabu 17 April 2019, diformat ulang. Sistem TIK, ITE sampai media massa, lembaga survei berbayar siap menyediakan kepala untuk batu pijakan.

Hebatnya. Sang penguasa atau petahana dengan gagah menggugah kasih sayang-Nya. Tagih fakta, ingin bukti bahwa azab tidak hanya balasan di akhirat. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar