Halaman

Minggu, 14 April 2019

5 menit di bilik suara menentukan nasib bangsa 5 tahun ke depan


5 menit di bilik suara menentukan nasib bangsa 5 tahun ke depan

Demokrasi Nusantara selalu teruji liwat pilkada, pileg dan terutama pilpres. Pihak yang merasa paling berkepentingan, sebut saja berbentuk partai politik. Perwakilan daerah menambah surat suara. Batu loncatan untuk siap menjadi apa saja.

Politik balas jasa, balas budi sekaligus balas dendam, menjadikan penyakit politik kebal segala macam ramuan obat kimiawi maupun racikan herbal tradisional. Pelaku atau manusia politik kian menampilkan jati diri, pesona diri, wibawa diri sebagai manusia bebal.

Nusantara sarat dengan beban masa lalu. Penjabaran masa depan bahwasanya jabang bayi mendapat suntikan investasi politik klas semiglobal. kendati ekonomi Indonesia mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun, dengan catatatn kemiskinan dan pengangguran berkurang. Fakta sisi lain,  jumlah rakyat miskin tak bisa pemerintah tutup mata. Regenerasi rakyat miskin terjadi antar periode.

Visi-misi dan strategi di bidang politik luar negeri dari pemerintahan saat ini (2014-2019) menunjukkan karakteristik yang cenderung nasionalistik dan self-centric. Kecenderungan ini dapat menimbulkan persepsi dan reaksi negatif terhadap Indonesia dan diplomasi yang dijalankan. Apabila diplomasi dan kerjasama tidak dirancang dengan tepat dan lebih baik lagi, Indonesia dapat terjebak dalam masalah dalam hubungan internasional. (Lap Akhir, Background Study Penyusunan RPJMN III 2015-2019, Sub-Bidang Politik Luar Negeri, Bappenas 2015).

Terbukti, petugas partai lebih demen blusukan, stdu banding dadakan ke pasar tradisional, lesehan di gang senggol atau resmikan proyek fisik. Merasa masih punya martabat. Dikarenakan memang selamanya  grass root (massa di bawah) tahu diri. Tidak pernah menuntut. Urusan luar negeri, apa guna ada menlu. Populasi nomor empat, menjadi nilai tawar.

NKRI selalu dipercaya oleh badan atau negara donor. Semboyan gali utang tutup utang.

Episode “Buaya vs Cicak” tetap bergulir. Pratanda, sinyal, indikasi NKRI keropos dari dalam. Semoga hasil pesta demokrasi 17 April 2019 memuliakan Nusantara. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar