Halaman

Senin, 22 April 2019

Apalagi Yang Akan Kau Cari Kartini Milenial?


Apalagi Yang Akan Kau Cari Kartini Milenial?

Rasanya, Kartini Milenial Nusantara sudah ada di mana saja. Menjadi apa saja. Siap memainkan peran apa saja. Semua lini, tingkatan lapangan kerja sudah terwakili adanya kaum hawa, perempuan, wanita. Kesempatan dan peluang dari pemerintah terbuka bebas. Diwujudkan dengan antara lain pernyataan anggaran responsif gender.

Praktik kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara terlihat kontribusi dan peran nyata Kartini Milenial.  Aksi individu berkat era digitalisasi sampai gerakan aksi komunitas. Pendidikan formal bukan menjadi penghalang atau syarat untuk maju, berkiprah total.

Fitrah, kodrat, watak bawaan sebagai perempuan menjadi modal aktivitas. Tidak perlu merasa harus sejajar dengan kaum hawa. Tidak harus merasa mampu mengambil peran lelaki di bidang tertentu.

Gender merupakan konstruksi sosial kemasyarakatan, bukan sekedar pasal perbedaan biologis, bersifat dinamis sesuai tantangan dan tuntutan zaman. Semua berjalan di koridor masing-masing.

Wajar, jika kondisi Kartini Milenial sebagaimana adanya (kondisi subyektif atau kekinian) terasa beda dengan fakta kondisi yang dicita-citakan (kondisi normatif). Efek dari informasi masa depan yang tak sepandan dengan ukuran baju. Bukan gagap masa depan. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar