Halaman

Selasa, 26 Maret 2019

pemuda merokok vs remaja perempuan sedang hamil


pemuda merokok vs remaja perempuan sedang hamil

Judul memang dicuplik santai dari Indeks Pembangunan Pemuda (IPP). Gagasan awal Kemen PPN/Bappenas 2018. Betul juga agar tak salah tafsir. Uraian bebas tentang batasan.

Pemuda merokok adalah pemuda umur 16-30 tahun yang pernah merokok dalam sebulan terakhir.

Remaja perempuan sedang hamil dimaksud adalah remaja perempuan umur 15-18 tahun yang sedang hamil dalam kelompok perempuan pernah kawin.

Sebagai istilah baku, resmi, soal tendensius atau vonis ringan, cerna dengan bijak. Masih banyak domain tentang pemuda.

Simak lebih lanjut tentang laporan IPP 2017, bisa tepuk jidat sendiri sambil elus dada. Fakta yang mungkin kurang sedap. Bak rapor atau laporan kinerja. Padahal, banyak banyak yang belum terekpos. Pakai asas HAM. Kendati yang disebutkan banyak temannya. Bahkan tiap provinsi ada.

Seolah dibandingkan, disandingan, ditandingkan atau mewakili gender. Nonpemuda ada yang merokok. Angka statistik bicara. Pihak yang dirugikan tetap santai, cuek. Anjing menyalak, bisnis rokok tembakau tetap melaju.

Lebih dari itu, asal tidak mengganggu wibawa negara, dianggap hanya sekedar informasi belaka. Revolusi mental kian mendongkrak nyali pemuda untuk ahli hisap. Budaya remaja perempuan hamil untuk memajukan anak bangsa sedini mungkin. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar