Halaman

Sabtu, 30 Maret 2019

kinerja rumput liar vs solidaritas semu adonan beton


kinerja rumput liar vs solidaritas semu adonan beton

Secara yuridis teknis, campuran proporsional adukan homogen semen, pasir, kerikil dengan air. Mampu menghasilkan bahan buatan yang lebih masif ketimbang batu alam. Tentunya tingkat kekerasan batu alam yang santai dan ringan badan.

Kemajuan peradaban daya guna waktu, pakai campuran kimiawi tertentu. Mempercepat proses kejadian beton. Khususnya pada konstruksi beton bertulang.  

Conblock, batako atau fungsi teknis cetak di tempat, familiar di tingkat rakyat. Hadir dengan aneka kualitas dan seni. Batako kian ramping konsisten dengan ruang kosong. HET conblock lokal terjangkau dengan umur teknis tidak sampai satu periode.

Jalan tol pun mulai melirik kemanfaatan dan efektivitas beton bertulang. Jalan lingkungan lebih pilih hamparan conblock. Termasuk perumahan menengah atas. Ada sponsor, jalan lingkungan dilapis ulang dengan beton cor.

Tutup saluran di pinggir jalan yang model angkat tutup. Menjadi tempat parkir mobil. Umur teknis cepat uzur. Tergusur atau mengalami nasib di luar skenario. Belum diresmikan sudah teruji.

Singkat kata. Tekanan beban ganda atau berlapis. Kerikil, kerakal, split atau batu pecah terurai secara sistematis. Keanekaragaman rumput liar yang menghijau bersaing hidup di atas hamparan conblock. Jika dicabut, serta merta bak mengelupas lapisan atas. Dipangkas gundul, kian bercabang. Atau akar membiak menggusur penghuni asli.

Akankah alam mempercepat degradasi mutu beton. Bukan kecelakaan pasca konstruksi.

Di mata awam, tak bisa dikaitkan sebagai pratanda. Analog dengan harga jual tiket pesawat sigap membubung. Kalau sudah terbang lupa mendarat. Lupa daratan. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar