Halaman

Minggu, 15 Maret 2020

salam Pancasila penangkal virus penyakit politik


salam Pancasila penangkal virus penyakit politik

Betapa perjalanan nasib sebuah dasar negara, sebentuk ideologi nasional tergantung ‘tangan dingin’ penguasa. Perdagangan politik bukan bentuk kejahatan politik. Skala tertentu disebut sebagai laku kejahatan yang memiliki resiko minim. Tak sebanding dengan keuntungan konstitusional sekaligus kerugian terselubung negara.

Kondisi mental spiritual pecandu politik sekali pakai, setelah mengikuti sertifikasi bela negara adalah lebih bernyali ketimbang kondisi sebelumnya. Faktor pemacu plus pemicu kian nyatanya gangguan mental spiritual pada pecandu politik sekali pakai, akibat ketergantungan kursi kuasa.

Perlu diingat bahwa ada dua model pecandu politik sekali pakai.

Pertama. Kawanan dan atau oknum penyelenggara negara (kepala negara, kepala daerah, wakil rakyat, wakil daerah) yang dipilih oleh rakyat secara langsung dengan asas hitung suara pasar bebas.

Kedua. Kawanan dan atau oknum penyelenggara negara lebih dikarenakan deretan jasa tak terukur kepada pihak pertama, ditunjuk langsung untuk duduk di kursi yang telah ditentukan. Kadar loyalitasnya tidak perlu diragukan. Tak terkecuali pihak militer maupun politisi sipil.

Sederhana saja, maka terjadilah praktik aji mumpung vs mumpung aji. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar