Halaman

Sabtu, 23 September 2023

optimis, mudah-mudahan mudah

optimis, mudah-mudahan mudah 

Sikap diri menghadapai kenyataan hidup. Secara tak langsung menunjukkan gaya ‘siapa aku’. Proses kehidupan di dunia tak ada hentinya antar waktu. Pada waktu yang sama terjadi aneka kejadian, berimpitan. Pratanda daya kerja efektif. Namun tak jarang pakai metode kerja satu per satu. Kinerja hari ini menentukan performa berikutnya. Menunda pekerjaan secara bijak. Karena memang ada yang butuh proses mandiri, ekstra energi atau tingkat keakuratan, presisi tinggi.

Lewat waktunya, manusia baru sadar, setengah paham. Telah melakukan tindakan yang  sia-sia, mubazir bahkan buang-buang waktu. Setiap pekerjaan tipikal tidak selalu harus dikerjakan secara tipikal. Improvisasi agar hasil akhir yang tak berakhir, lebih bernilai dibanding sebelumnya.

Bahkan menulis pun. Jam terbang bukan jaminan lancar-lancar mengekspresikan tatakata. Matangkan judul maupun tema, butuh waktu dan energi tak sedikit.

Pemirsa simak spesifikasi judul sudah bisa membayangkan “utuhnya” begini atau begitu. Bukan model beberapa orang buta meraba seekor gajah yang sama. Pada bagian yang berbeda.

Begitulah fakta kehidupan di dunia. Apa saja yang sudah kita kerjakan, kita peroleh. Mirip dugaan orang buta meraba gajah. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar