Halaman

Sabtu, 02 September 2023

cuci gudang politik nusantara 2024, koalisi semu vs semi koalisi

cuci gudang politik nusantara 2024, koalisi semu vs semi koalisi 

Pura-pura mau, ingin, hendak tahu apa itu sistem politik. Saudara dekat praktek demokrasi. Saudara seayah dengan pendidikan politik. Saudara  sambung multipartai. Agar terlihat agak sedikit tahu, dekati dengan pola tata niaga. Dari hulu hingga ke hilir, simak bagaiman kisah suksesnya. Padahal, dalam hati mengakui apa adanya. Bahwasanya, bahkan praktek dasar negara, tergantung jurus yang dipakai pihak penguasa.

Karakter dasar negara berkembang, tampak pada kawanan politisi sipil merasa berklas di bawah tempurung zonasi nusantara. Di bawah kendali otoritas  teritorial massa mengambang. Kuasa daerah pemilhan maupun kantong  suara. Pembibitan dari bawah, mulai dari nol. Mirip menyusun timnas bal-balan. Terhibur karena ada laga sesuai kelompok umur. Pelipur lara jika didaulat sebagai tuan rumah ajang non-nasional.

Orang lupa dengan pola sebaran wilayah adat politik nusantara. Melek politik anak bangsa pribumi, masih beranjak dari pola nasakom Orde Lama.Anak cucu ideologisnya masih bercokol secara terbuka. Riwayat kebangsaan tentang rasa nasionalisme tak identik dengan pergerakan politik.

Jika uang sudah mulai bicara untuk urusan berbangsa dan bernegara, otomatis akal, logika, nalar, daya pikir dan ilmu manusia langsung tereduksi. Bahkan berbanding lurus. Memang segalanya bukan karena uang, tetapi karena uang segalanya bisa terjadi.

Namanya politik, pakai jurus apa saja, dihalalkan. Pakai motif manapun, sah-sah saja. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar