Halaman

Jumat, 15 September 2023

koalisi nusantara, pasang surut vs bongkar pasang

koalisi nusantara, pasang surut vs bongkar pasang 

Tujuan dan sasaran kehidupan yang sama. Berangkat dari tempat yang tidak sama. Tingkat kesulitan rute yang heterogen. Model lempeng-lempeng tinggal main gas. Lewat medan lokasi jin buang anak cucu ideologis. Berangkat harus melalui ruwatan tradisional lokal pelepasan putra-putri terbaik. Asumsi historis, diyakini tidak akan kembali lagi. Setelah ‘jadi orang’, lupa asal-usul.

Di luar harapan wajar. Tanpa ketahuan darimana, sudah banyak kerumunan manusia aneka golongan. Membuat lingkaran – lingkaran besar, lingkaran kecil – mengelilingi tumpeng nasional. Wajah dan keringat bau aroma mistis.

Lingkar utama, lingkar stratgegis didominasi karakter belum jadi orang, belum-belum sudah melepas identitas silsilah. Pakai identitas syarat menang. Ikut perhelatan sigap topeng sesuai tema. Dimungkinkan pandai-pandai cari posisi netral, aman, bebas kewajiban moral kenusantaraan.

Inisial mégaproyek superstrategis nusantara, harga diri tidak ada artinya. Berani malu saja belum cukup. Syarat dasar administrasi. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar