Halaman

Senin, 01 Januari 2018

satgas perkuatan penguasa vs densus investor politik




satgas perkuatan penguasa vs densus investor politik

Argo, saldo dan denyut tahun politik 2018 sudah mulai berdedar resmi. Bahasa poitisnya, pihak yang tidak mengakar di rakyat atau yang sila-sila Pancasilanya semakin menipis karena jauh dari rakyat, dipastikan akan sport jantung.

Rasa curiga berlebih. Was-was, waspada merajai hatinya. Melihat kelebatan bayangannya saja sudah siap siaga. Orang mendekat dari belakang, sudah pasang kuda-kuda. Takut dikencingi. Atau ada pihak yang iseng buang sampah di kakinya.

Pihak yang sedang berkuasa secara konstitusional, sudah membuat jejaring pengaruh. Jejaring horizontal; jika dilihat dari angkasa raya, dirgantara, tampak satu warna. Soal kokoh, kuat, menapak baru bisa dilihat dari arah samping, profilnya. Jadinya, kekuatan formal, kekuatan permukaan yang diandalkan.

 Gerakan konstituisonal sudah melampaui batas teritorial nasionalisme. Ibarat tangan tengadah, sudah jauh melampaui tapal batas batas dan norma ketimuran. Bahkan sudah menyediakan kepala untuk diinjak bangsa asing.

Barter politik dengan sesama penguasa antar negara, lintas negara, sudah terang benderang dilakukan. Bahkan menjadi andalan utama di pemilu serentak 2019. [HaèN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar