Halaman

Kamis, 14 Juni 2018

Serial pe-jin pasif. Jaga stabilitas iman dan jalur mencapai derajat mukhlis


Serial pe-jin pasif. Jaga stabilitas iman dan jalur mencapai derajat mukhlis

Ashar di hari terakhir bulan Ramadhan 1439H, di masjid perumahan tempat tinggal. Usai salam dan doa bareng, lanjut duduk tafakur. Tak sengaja, kanan saya duduk anak muda pakai kaos lengan panjang. Tanpa kerah.

Waktu saya manfaatkan untuk keruk ilmunya. Lebih muda nyaris seperempat abad. Masalah agama, lihat yang lebih sesuai rukun dan adab. Termasuk ustadz. Tausyiah tarawih hari terakhir Ramadhan 1439H, kebagian membuat kesimpulan.

Diskusi lancar. Beliau mengajar ngaji semua anak saya. Yang diingat, anak saya yang kembar. Jadi banyak nyambungnya. Bisa pasal seputar keluarga.

Beranjak dari kegiatan yang pernah dilakukan masjid, yaitu ruqyah syarr’ah. Bukan masalah pro dan kontra. Simak dalilnya di Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah saw.

Yang dimaksud dengan mukhlis ialah orang-orang yang telah diberi taufiq untuk mentaati segala petunjuk dan perintah Allah swt.

Maksudnya pemberian taufiq dari Allah swt. untuk mentaati-Nya, sehingga seseorang terlepas dari tipu daya setan mengikuti jalan yang lurus yang dijaga Allah swt. Jadi sesat atau tidaknya seseorang adalah Allah yang menentukan.

Setan tidak mempunyai kekuasaan atas orang beriman. Setan hanya akan mengendalikan pengikutnya, yaitu orang-orang yang sesat sejak zaman nabi Adam a.s.

Jadi, selama kita hidup di muka bumi, jangan coba-coba iseng bersentuhan dengan makhluk halus. Jangan sekalipun dilakukan walau hanya sekedar “komunikasi” atau melakukan “interaksi”. Jangan mudah tanya alamat. Begitu kaki melangkah masuk kapling mereka, susah untuk surut atau ditarik kembali.

Buat makhluk halus berpikir ulang untuk “mendekati” diri kita. Kapanpun, dimanapun, dalam kondisi dan keadaan bagaimanapun. Jangan merasa diri kita lebih tinggi daripada, dibanding makhluk lain ciptaan-Nya. Apalagi sampai menghamba kepada makhluk halus yang jelas telah dikutuk-Nya.

Sesungguhnya kutukan-Nya tetap atas iblis sampai hari pembalasan.  [HaèN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar