Halaman

Sabtu, 29 Februari 2020

manfaatkan sisa kepercayaan dan cadangan kesabaran rakyat


manfaatkan sisa kepercayaan dan cadangan kesabaran rakyat

Tidak ada apa-apanya pada narasi berikut. Kejar jam tayang di akhir bulan Februari yang 29 hari. Bulan lain masih ada sisa waktu 1@2 hari. Manuver laga bebas hindari “salah-ketik”. Daya encer otak tetap dijaga. Agar pembaca segala aneka umur, tak merasa digurui atau dimuridi.

Era digital menuntut manusia ahli “diperalat” alat multimedia.Oleh karena itu,  generasi sumbu pendek pengguna aktif ujung jari tangan.  Menghabiskan energi negatif  menyelam di dunia maya. Wajar dan wajib memodali diri plus memiliki kecakapan multimedia.

Proses verifikasi menegakkan kebenaran di panggung politik. Manajemen konflik merupakan langkah antisipatif, proaktif, preventif sebagai aksi mitigasi yang dipilih semua pelaku. Pihak ketiga lebih jeli melihat peluang praktik demokrasi nusantara.

Manajemen konflik politik nusantara didominasi oleh versi metode pembiaran oleh penguasa. Pemanfaatan media internet yang bersifat digital dan ‘dalam jaringan,  sebagai ajang  menu kampanye digital demi menjaga wibawa sekaligus alat pemusnah, pembasmi maupun pembunuh karakter lawan politik.

Sekedar info sehat menyehatkan. Bahwasanya ada sejumlah responden menyatakan setuju atas pemanfaatan akun media sosial sebagai salah satu alat mensosialisasikan visi misi kandidat. Sejumlah lain, bisa beda atau sama responden, berargumentasi bahwa aksi pesan politik yang disajikan hanya melalui media sosial,  tindakan yang nyaris sia-sia binti mubazir. Fakta  tidak semua anak bangsa pribumi paham dan melek TIK. Terlebih memanfaatkan  media sosial sebagai pegangan hidup harian.

Pesta demokrasi daripada Soeharto yang diaykin sebagai pesta rakyat. Namun, perhelatan rakyat tradisional ini tidak bergulir statis terkendali. Kendati rakyat masih pada ambang bawah buta politik. Tidak demikian halnya dengan logika politknya. Kadar bermasyarakat menjadikan rakyat lebih nalar, paham menggunakan akal sehat ketimbang manusia politik. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar