Halaman

Minggu, 23 Februari 2020

pencemaran ideologi Pancasila di tingkat penguasa


pencemaran ideologi Pancasila di tingkat penguasa

Pejalanan nasib Pancasila tergantung dari kadar kemanusiaan penguasa. Penguasa hasil piihan rakyat dan atau penguasa kepercayaan penguasa di atasnya. Keterhubungan dan keselarasan (link and match) antara panggung pendidikan politik lokal dengan dunia usaha, industri politik global, nasakom di dadaku.

Penentuan terjadinya pencemaran lingkungan hidup ber-Pancasila diukur melalui baku mutu, tolok ukur kemutuan lingkungan hidup berbangsa dan bernegara. Pencemaran ideologi Pancasila biasanya diimbangi kerusakan moral bangsa. Padahal berpolitik versi reformasi, tak pakai moral.

Namanya politik, nilai jual seseorang ditentukan kebesaran nama besar nenek moyangnya. Bisa pelaut bangsa maritim, bahari. Bisa petani negara agraris. Bisa kawanan politisi negara multipartai.   Industri politik nusantara yang menggunakan bahan baku khusus termasuk bahan penolong, bahan tambahan,  bahan mentah, dan komponen dalam negeri. Diperkuat  proses produksinya memerlukan lokasi khusus.

Ujar bebas penguasa  dapat mempengaruhi opini publik, ideologi negara, stabilitas pertahanan, dan keamanan negara.

Terkait dengan penyederhanaan perizinan dalam kebijakan cerdas Pancasila, maka aksi politik yang memiliki peluang dan potensi bahaya tinggi,  diberlakukan rezim perizinan. Bagi simpatisan mau aksi gaya, pakai kode etik dadakan. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar