Halaman

Jumat, 10 Oktober 2014

CEK SEHAT DIRI SECARA MANDIRI

CEK SEHAT DIRI SECARA MANDIRI

Suhu tubuh anak bayi diraba terasa hangat, ibu kuatir, buru-buru dibawa ke dokter. Kita bangun pagi, tubuh malah terasa kaku, kepala  agak pening, nafas seperti flu. Jangan tergesa minum obat. Ada yang tidur malam cuma beberapa jam, bangun lebih segar dan sehat, siap beraktivitas.

Untuk mendeteksi apakah kita hari ini sehat atau tidak, bisa pakai standar medis, atau dengan cara sederhana berikut solusinya :

Pertama, berdiri tegak, santai. Tenangkan pikiran. Tarik nafas pelan, melalui hidung. Beberapa kali tarik nafas, terasa berat, bahkan tidak bisa sampai panjang, anda memasuki kategori kurang fit. Asupan oksigen tidak optimal. Paru-paru perlu diolahragakan, dengan tarik nafas pelan, panjang, simpan beberapa saat. Untuk hasil yang bermanfaat, tahan dalam hitungan menit, nafas bisa disimpan di bawah pusar. Hembuskan pelan. Lakukan berapa kali.

Kedua, punggung saat rukuk tidak bisa rata-rata air. Sebelum bungkukan badan, telapak kaki rapat dengan lantai, tekan kedua ibu jari. Atau secara umum, mengalami kesulitan saat bungkukkan badan. Persendian dan kelenturan otot anda sedang lelah, perlu pelinciran sendi dan peregangan otot. Rasakan pula, bagian tubuh mana yang terasa kaku, otot terasa nyeri. Lakukan olah raga ringan, khususnya kaki atau pinggang ke bawah.

Ketiga, buang air kecil tidak lancar, warna air seni keruh, mekanisme dalam tubuh ada yang terganggu. Pencernaan bekerja keras, atau asupan makanan kurang bervariasi. Tambah porsi air minum, sayur, dan makanan berserat. Atur waktu dan pola makan serta sinkronkan dengan pola tidur. Jangan tunda atau tahan keinginan buang air kecil.

Semoga cara ini bemanfaat [HaeN].






Tidak ada komentar:

Posting Komentar