Halaman

Sabtu, 07 Oktober 2017

jika politikus tanpa pakem



jika politikus tanpa pakem

Bagi masyarakat Jawa yang Jawa, akan memaknai lema “pakem” dengan berbagai versi. Pakem yang dimiliki Dalang sebagai aturan main, tentu tak sama substansinya dengan pakem untuk manusia politik.

Yang membedakan mungkin bukan pada substansi, muatan yang diatur. Tetapi pada masa pakai, masa berlakunya sebuah pakem.

Pakem untuk manusia politik, selain bersifat dinamis, tidak bisa digeneralisir. Ada pakem harian. Yang utama adalah pakem “sendiko dawuh”. Artinya siap melaksanakan kebijakan partai tanpa menimbang atau akan dinalar dengan otak kanan atau otak kiri.

Dalang, katakan dalang wayang kulit, jika tidak manggung, tetap akan dipanggil ki dalang. Tanpa atribut, busana kebesaran dalang, manusianya tetap eksis. Diluar jam kerja, jam manggung malah bisa ditanggap di berbagai acara. Mungkin karena makna dalang adalah ngudal piwulang.

Sejatinya yang disebut manusia politik, adalah miminal sebagai anggota aktif sebuah partai politik. Jika ybs tidak ada acara partai, kembali ke posisi sebagai rakyat pada umumnya. Kalau ybs punya ilmu atau keahlian semacam ngudal piwulang maka tak perlu risau dengan jati diri, pesona diri dan eksistensi diri.

Bukan berarti jika seorang manusia politik keluar dari habitatnya, bak manusia tak ada apa-apanya. Jangan diartikan bak wayang kulit tanpa gapit. Bukan.

Jika ikhwal ini dibahas tak akan ada ujung pangkalnya.

Tapi justru sebagai pengingat bagi kita. Andai manusia politik mengurus di luar habitatnya, maka akan dipastikan akan menimbulkan bencana. Kendati ada manusia politik, seklas ketua umum, mampu menjadi presiden, kepala negara, kepala pemerintahan, yang mana dimana total pendekatan kekuasaan, kekuatan, kekayaan maka ya sebatas itu kawanannya akan mendukung.  Ganti musim, ganti pimpinan maka sang loyalis akan putar haluan.

Hukum keseimbangan di industri politik sedemikan dinamis, tak bisa diprediksi arah tujuan kebijakan partai. Apalagi lagi di internal partai, banyak yang merasa bisa. [HaèN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar