Halaman

Senin, 30 Oktober 2017

bonus tahun politik 2018, salah tingkah vs banyak tingkah



bonus tahun politik 2018, salah tingkah vs banyak tingkah

Wajar bagi pelari marathon tak tergoda dengan rambu lalu lintas yang menunjukkan Km, peringatan kurangi kecepatan, jalan licin di waktu hujan, jalan menurun/menanjak, banyak belokan, sudah dekat rest area, pos polisi, RS, dsb. Juga tak terganggu atau merasa terganggu dengan kondisi alam yang tak menentu. Sorak sorai penonton terkadang nyaris tak terdengar atau sebagai sumber penyemangat.

Untuk menjadi pelari marathon atau jarak jauh, bukan langsung bisa jadi. Biasanya menjadi spesialis. Pelari jarak jauh tantu beda dengan lari cepat, walau waktu tempuh sama-sama sebagai penentu kemenangan dalam laga.

Pelari jarak jauh yang ikut lomba lari jarak sedang, bukannya turun klas, tapi tetap jajal kemampuan diri. Pelari jarak jauh ibaratnya klas bebas. Tidak ada diskriminasi usia, jender, kewarganegaraan, agama dan faham atau ideologi.

Menu ideologi yang tersaji di panggung politik Nusantara, bak rumah makan Minang, bak gerai cepat saji tidak pakai lama, bak warteg atau gudeg lesehan sampai yang bisa pesan online.

Bukan itu masalahnya, kalau dikatakan efek domino negara multipartai. Justru semakin minim daya ideologi dan/atau semakin kufur daya ideologi bangsa diimbangi atau berbandingterbalik dengan banyaknya partai politik.

Jangan disalahkan jika ada dinasti politik, partai politik sebagai perusahaan keluarga. Bahkan akibat warisan darah ideologis, menjadikan partai politik sebagai agama. Minimal sebagai aliran kepercayaan.

Belum ada survei tentang efek domino negara multipartai terhadap maraknya mantan anggota atau anggota pertahanan dan keamanan yang masih aktif, yang melenggang di panggung politik Nusantara. Asas loyal, patuh, taat, setia kepada atasan memang bisa membutakan hati sehingga akan bertindak membabi buta.

Jika ada selain di atas, sepertinya dianggap menambah persaingan nasional. Komentar bukan secara pintar, meluncur di media massa ahli pengganda fitnah dunia. Hebatnya lagi, upaya penegakkan hukum pada jalur anti korupsi, akan diperkuat dengan alat pendeteksi dan pelindung diri sejak dini. [HaèN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar