Halaman

Senin, 24 Juli 2023

topeng sosial piranti ukir nama baik kedirian

topeng sosial piranti ukir nama baik kedirian 

Tidak semua manusia punya penilaian yang sama tentang nilai kemanusiaan. Bahkan sampai ke hal yang mendasar. Terlebih jika ybs tahu posisi atau status sosialnya. Masuk kategori tingkat dasar. Belum bisa dinilai kondite, reputasi, prestasi. Ironis binti kronis jika ybs masih masuk 7 (tujuh) turunan penyandang ‘nama baik’.

Merasa tidak dianggap, tidak diperhitungkan, tidak masuk bilangan pesohor, orang beken. Promo diri mulai dari yang samar-samar sampai ke tingkat vulgar. Tampil diri gaya agresif-atraktif-agitatif tetap dianggap angin lalu. Ekspresi wajah garang-garing atau paras aleman nanging geleman, bahasa tubuh sayup redup.

Semboyan “politik adalah jalan hidup”. Tetap saja tidak mampu menjalankan dirinya sesuai rencana tindak dan aksi. Habis side A pindah ke side B. Cepat hafal atau main borongan. Tamat side B lanjut ulang ke side A.

Perwatakan di dunia pewayangan sudah dicoba. Semua nyaris terasa ringan. Tidak ada tantangan yang menantang. Apa guna gelar akademis kehormatan. Penglipur, penyelamur tidak layak laga di kandang sendiri. Belanda masih jauh. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar