mesin mobilpun tahu
bersyukur dan berterima kasih
Banyak
tips merawat dan meruwat mesin mobil agar kinerjanya terjaga. Diolah berdasarkan
pengalaman dari montir, sopir, pembalap, sang pemilik sampai pengamat
permesinan. Mereka yang hobi di dunia otomotif tak segan menularkan ilmu dan
pengalamannya.
Ada semacam
prosedur operasi standar (POS), baku atau sistematis dalam menjaga kebugaran
mesin mobil. Penting dilakukan setiap hari. Khususnya pagi hari jelang mau
dioperasikan. Cek dan kontrol tidak hanya pada kondisi mesin. Bodi, ban serta
fitur, asesoris yang melekat atau bagian dari mobil. Temukan sedini
mungkin gejala mesin sedang tidak sehat. Memandikan mobil juga sebagai ikhtiar
jaga stabilitas dan tampilan fisik.
Bukan pada
tahapan atau apa saja yang perlu diperiksa pada mesin mobil secara fisik. Tetapi
bagaimana kita melakukan kontak batin dengan mobil. Melakukan sambung rasa
dengan (mesin) mobil. Benda alam yang menjadi bahan baku pembuatan mobil, bukan
sekedar benda mati. Maka mobilpun jangan dipandang sebagai benda mati. “ Tunduknya”
mobil pada si pengemudi karena sifat benda alam yang tunduk dan taat pada Yang
Maha Pencipta.
Bagaimana
kita memberlakukan mobil, khususnya pada saat cek dan control mesin. Buka jalur
dialog dengan mesin. Setiap gerak tangan sesuai tips atau POS maupun kiat lainnya, lakukan dengan ramah. Perlakukan
mesin mobil secara manusiawi. Kalau perlu ajak kompromi, agar nantinya mesin
mobil jangan rewel. Jangan boros BBM. Penuhi kebutuhan mesin mobil. Sederhana bukan.
Duduk di
mobil, biarkan anda menyatu dengan suasananya. Saat kunci kontak dinyalakan,
tunggu sesaat agar listrik mengalir penuh, ucap Basmallah, nyalakan mesin
mobil. Tidak perlu injak gas. Jika mesin mobil langsung menyala, indikasi mesin
mobil menjawab niat dan ikhtiar anda. Jika ternyata perlu beberapa kali stater, selain karakteristik dan
spesifikasi mesin mobil, butuh perlakuan khusus. Bukan begitu kawan. [HaeN]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar