Halaman

Rabu, 18 Januari 2017

mesin mobilpun tahu bersyukur dan berterima kasih



mesin mobilpun tahu bersyukur dan berterima kasih

Banyak tips merawat dan meruwat mesin mobil agar kinerjanya terjaga. Diolah berdasarkan pengalaman dari montir, sopir, pembalap, sang pemilik sampai pengamat permesinan. Mereka yang hobi di dunia otomotif tak segan menularkan ilmu dan pengalamannya.

Ada semacam prosedur operasi standar (POS), baku atau sistematis dalam menjaga kebugaran mesin mobil. Penting dilakukan setiap hari. Khususnya pagi hari jelang mau dioperasikan. Cek dan kontrol tidak hanya pada kondisi mesin. Bodi, ban serta fitur, asesoris yang melekat atau bagian dari mobil. Temukan sedini mungkin gejala mesin sedang tidak sehat. Memandikan mobil juga sebagai ikhtiar jaga stabilitas dan tampilan fisik.

Bukan pada tahapan atau apa saja yang perlu diperiksa pada mesin mobil secara fisik. Tetapi bagaimana kita melakukan kontak batin dengan mobil. Melakukan sambung rasa dengan (mesin) mobil. Benda alam yang menjadi bahan baku pembuatan mobil, bukan sekedar benda mati. Maka mobilpun jangan dipandang sebagai benda mati. “ Tunduknya” mobil pada si pengemudi karena sifat benda alam yang tunduk dan taat pada Yang Maha Pencipta.

Bagaimana kita memberlakukan mobil, khususnya pada saat cek dan control mesin. Buka jalur dialog dengan mesin. Setiap gerak tangan sesuai tips atau POS  maupun kiat lainnya, lakukan dengan ramah. Perlakukan mesin mobil secara manusiawi. Kalau perlu ajak kompromi, agar nantinya mesin mobil jangan rewel. Jangan boros BBM. Penuhi kebutuhan mesin mobil. Sederhana bukan.

Duduk di mobil, biarkan anda menyatu dengan suasananya. Saat kunci kontak dinyalakan, tunggu sesaat agar listrik mengalir penuh, ucap Basmallah, nyalakan mesin mobil. Tidak perlu injak gas. Jika mesin mobil langsung menyala, indikasi mesin mobil menjawab niat dan ikhtiar anda. Jika ternyata perlu beberapa kali stater, selain karakteristik dan spesifikasi mesin mobil, butuh perlakuan khusus. Bukan begitu kawan. [HaeN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar