Halaman

Minggu, 03 April 2016

ratio kapasitas lapas, trend jumlah penduduk vs trend angka kejahatan

ratio kapasitas lapas, trend jumlah penduduk vs trend angka kejahatan

Acap jadi topik, kelebihan kapasitas lembaga pemasyarakatan (lapas), rumah tahanan (rutan) atau sebutan lainnya berdampak pada konflik internal antar nara pidana. Artinya, daya tampung lapas perlu diperluas/ditingkatkan, agar penghuninya dapat hidup layak, tidak berdesak-desakan.

Standar hunian lapas tentu tidak sama dengan standar hunian rumah tinggal. Kebutuhan luas lantai minimal s.d ideal per orang di rumah tinggal tidak bisa begitu saja diterapkan di lapas. Kalau ada tipe lapas berdasarkan luas bangunan dan luas tanah, tentu ada faktor penentunya.

Dalam rencana tata ruang dan tata wilayah, hanya membagi penggunaan tanah/lahan sesuai peruntukkannya. Prediksi kapasitas zonasi (daya tampng dan daya dukung lingkungan) sesuai batas waktu usia perencanaan. Selain kapasitas lapas, masalah jangkauan pelayanan juga menentukan keberadaan lapas.

Kisi-kisi bonus demografi juga menyuratkan bahwa sumber kerawanan pelaku tindak kejahatan berasal dari penduduk usia produktif. Tekanan ekonomi menjadi alasan utama terjadinya tindak kejahatan. Akibat gaul, gaya hidup dan gengsi ternyata mempunyai andil dalam menyemarakkan tindak dan tingkat angka kejahatan. Keanekaragaman tindak kejahatan di Indonesia semakin berklas akibat adanya tekanan politik, ditengarai dengan adanya tipikor. Varian modus operasi kejahatan akibat dampak asas globalisasi, pasar bebas dunia, skenario konspirasi internasional, ditandai dengan adanya gerakan teroris dalam segala bentuk manivestasinya.

Jika lapas proaktif dan mendekatkan diri ke masyarakat, jangan-jangan keberadaan lapas bisa sampai tingkat kelurahan/desa. Kapasitas lapas tingkat kelurahan/desa sudah memprediksi jumlah penduduk sampai kurun waktu tertentu., serta sudah mengantisipasi keanekaragaman dan tingkat kejahatan lokal. Sehingga ditemukan rumusan perbandingan kapasitas lapas atau ratio lapas dengan jumlah penduduk yang berpotensi jadi calon penghuni atau segala bentuk kejahatan yang berakhir di penjara. [HaeN] 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar