Halaman

Minggu, 30 April 2023

wajah adab nusantara, manusia bertindak vs tindakan manusia

wajah adab nusantara, manusia bertindak vs tindakan manusia 

Dimensi hukum keseimbangan, mencetak istilah prédator. Manusia punya watak lebih daripada sebutan tsb. Mulai skala ringan hingga sampai pada skala yang menjadi ciri wanci.

Beberapa dimensi keamanan dalam  keamanan manusia versi UNDP seperti keamanan personal yang bertujuan  untuk melindungi manusia dari kekerasan fisik, baik berasal dari negara  atau dari ancaman eksternal, baik individu atau aktor sub‐negara, dari  kekerasan dalam rumah tangga, hingga predator;  keamanan komunitas, yaitu keamanan terhadap penindasan dari kelompok lain; dan keamanan  politik, yaitu keamanan dari réprési negara, pelanggaran HAM, dan lain  sebagainya. (Indeks Keamanan Manusia Indonesia 2015)

Mulai dari persoalan merosotnya etos dan etika kolektif kita yang tergambar mulai dari fenomena harian  seperti peningkatan angka kenakalan remaja, kriminaitas, instrumentasi kekerasan, dan semacamnya di lingkungan mikro sosietal kita, hingga  maraknya korupsi, kejahatan korporasi, dan oligarki prédatoris di lingkup  makro nasional. Singkatnya, pembumian ideologi nasional kita belum ideal. Butuh kerja super keras untuk mewujudkan nilai-nilai Pancasila secara lebih komprehensif dan otentik. (Pancasila dalam Praksis Pendidikan, UNY edisi pertama 2018).

Masih ada lagi. Predatory practices, di mana parpol parlemen dominan berupaya membungkam pesaing untuk keluar dari sistem. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar