Halaman

Rabu, 26 April 2023

konsénsus 2024, pakta sepakatan tanpa daya pikat

konsénsus 2024, pakta sepakatan tanpa daya pikat 

Maunya yang punya kemauan. Asal ada kemauan, pokoknya asal mau saja, pasti ada jalan. Kalau sudah berjalan, muncul kemauan berikutnya. Modal bermau, lebih dari cukup. Langkah awal, pemula,  pembuka, pertama penentu langkah besar.

Cerdas ideologi generasi tanpa batas umur, sepertinya mudah terprovokasi jiwa sendiri. Gelar akademis tidak identik dengan kedewasaan membaca peta politik. Mereka punya idola, walau idola semu. Tak tahu kenapa mengidolakannya. Mungkin salah makan atau telan obat yang sudah kedaluwarsa.

Hak milik negara vs atas nama rakyat mendukung sistem pemerintahan. Setiap penguasa punya kiat, terapi, formulasi bernegara. Jangan lupa pola empiris yang diangkat dari sejarah masa lalu. Ritual daur hidup manusia politik nusantara sesuai kurva normal. Mulai tidak bisa apa-apa sampai apa-apa tidak bisa.

Rumusan kehidupan yang hanya sekali-kalinya hidup di dunia. Menu hidup harian nyaris tipikal, monoton, berulang tanpa ada ikhtiar berperubahan. Babak akhir malam menjadi penentu hidup harian. Hidup hari ini bisa menjadi kelanjutan yang kemarin. Tapi hidup ésok hari, bukan hak milik kita. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar