Halaman

Minggu, 02 April 2023

timbang terima, timbanganné tidak terima apa-apa

timbang terima, timbanganné tidak terima apa-apa 

Musim pancaroba, peralihan, transisi. Daya peras-resap-serap anak bangsa akan pendidikan politik yang dipamerkan oleh manusia yang sedang naik daun, ternyata jauh di luar prakiraan awal. Generasi pemilih pemula 2024 lebih menyukai dengan daya guna, daya manfaat waktu formal.

Parpol Pemula vs Pemilih Pemula. 3/8/2018  9:17 AM. Kalau pakai asas banding-sanding- tanding, kiranya ada persamaan sekaligus perbedaan yang mendasar. Pada derajat, skala tertentu bisa masuk momén kontradiktif. Parpol pemula berharap-harap cemas. Pemilih pemula cemas berharap-harap. Kalau memakai metode dikawinsilangkan, akan menghasilkan rasa yang tanpa rasa.

Sejarah politik nusantara selalu berulang tipikal dan mudah ditebak babak dan skor akhirnya. Beda pemain. Mulai pemain klas ‘petugas partai’ sampai yang modal pasang badan, akan dapat imbalan yang semestinya,  yang seharusnya, yang selayaknya.

Pakai jalur politik akan memangkas sistem karier. Bukan dengan memangkas mata rantai birokrasi. Aparat aktif bidang pertahanan dan atau keamanan negara, wajib diopeni sesuai dalil bela negara, kawal nusa, jaga juragan. Langkah politis memberlakukan sistem karier tidak berlaku. Demokrasi lima tahunan sebagai penentu nasib bangsa. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar