Halaman

Senin, 10 April 2023

kereta politik tak berkuda, penumpang gelap vs multipilot

kereta politik tak berkuda, penumpang gelap vs multipilot 

Skala kegempaan mulai dari yang aman-aman saja, biasa-biasa tanpa telur, standar ganda atau memang sesuai protokol global. Klimaks yang diharapkan  berbasis adab promosi-propaganda-provokasi menjadi menu politik. Bukan sulap, bukan sihir. Bukan tipu-tipu juga bukan info bohong.

Fakta lapangan menjadi bukti yang menarik semua pihak. Secara yuridis konstitusional bisa ‘dihilangkan’ plus lenyap-senyap agar tak masuk agenda peradilan. Sebaliknya, mendadak bisa ‘dihadirkan’ secara seksama demi kepentingan yang lebih penting.

Bukan pada banyaknya mulut rakyat yang masih perlu suapan. Segelintir anak bangsa pribumi, yang berbusana parpol penguasa, masih wajib disuapi oleh semua pihak. Hidup dari politik. Sampai CD pun barang inventaris partai.

Nilai jual bakal calon yang diusung sebuah parpol atau gabungan tapi belum tentu koalisi pilpres. Akan menentukan prakiraan harga lelang internal. Lanjut dengan rawat-ruwat mesin politik agar berkinerja sesuai skenario. Arisan modal pemenangan akan menentukan siapa akan menjadi apa jika paslon sukses. Uang negara oleh paslon ada petahananya, menjadi alternatif andalan. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar