Halaman

Kamis, 27 April 2023

babak akhir malam penentu hidup harian

babak akhir malam penentu hidup harian 

Babakan besar manusia adalah hidup di dunia. Sejak kelahiran sampai ajal menjemput. Meninggal dunia dengan selamat. Bekal catatan amal hadapi pengadilan akhirat.

Karakter manusia dengan daya pikir, olah nalar, asah logika yang dominan menggunakan metoda glass box. Daya tanggap bersifat responsif, spontan, reaktif. Tanpa pikir panjang atau tanpa proses otak dan hati.

Tak ada hubungan diplomatik, orang yang berpikir keras tentang cara cari makan dengan kepala menjadi botak. Masa depan antara ilmu dan kehidupan.

Hindari salah tafsir, asal duga. Cek bahasa tutur produk mulut kita orang. Indera pendengaran,  anugerah-Nya yang pertama. Bayi dalam kandungan mampu merekam suara ibunya. Suara azan  sambut bayi lahir, sarat makna dan fungsi. Membuka, mengawali kuasa-milik-guna-manfaat telinga batin, mata batin, kata hati.

Rumusan sadar diri, tahu diri yang resmi berlaku di belantara nusantara. Manusia selalu berproses mencari jati diri, citra  diri. Senantiasa berikhtiar mewujudkan diri sendiri dan mandiri seutuhnya. Energi diri sejauh ini hanya untuk modal menunjukkan ‘siapa saya’ dan atau mengatakan ‘ini aku’. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar