Halaman

Selasa, 11 April 2023

gagrag 2024, mbambung vs limbung

gagrag 2024, mbambung vs limbung 

Sistem multipartai sederhana, tampung salur aspirasi bakalan tipikor. Tiap lima tahun muncul parpol anyar, parpol dadakan, parpol spsesiais pesta demokrasi.

Otoritas dan demokrasi lokal, efek otonomi daerah, menyebabkan politik etnik tidak akan tergantikan dengan satuan politik lain. Pelaku konsumen politik yang fanatik, menyebabkan kadar adab rawan-rentan-riskan terdegradasi secara internal. Pola distribusi, sirkulasi perkursian nusantara menentukan nilai jual calon politisi di tingkat konsumen.

Atau sebaliknya, animisme dan atau dinamisme sebagai jiwa berkeyakinan, daya batin aliran kepercayaan, ideologi  berkebangsaan. Adab bernusantara sudah sampai tahap menjadikan politik sebagai agama nusantara.

Fenomena junjungan nusantara, njunjung ngantepaké.

Rakyat tapak tanah biasa bisa mewakili kenyataan.Bukan sekedar pro dan kontra. Akumulasi derita batin, beban batin dan tekanan batin menjadikan suara rakyat adalah gambaran yang akan datang. Mereka hanya cuplik selembar fakta di masa depan. Agar manusia dan atau orang sekarang, lebih sadar diri, kian tahu diri. Jangan membiakkan kambing hitam.[HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar