Halaman

Selasa, 21 Februari 2023

umpan silang kepentingan global

umpan silang kepentingan global 

Program/kegiatan yang didominasi investasi asing, penanaman modal asing, utang luar negeri atau sebutan lainnya, Indonesia hanya terima jadi. Kondisi ekstrem dan menjadi cirinya, yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan maupun bahan baku, SDM (sumber daya manusiia) betul-betul serba asing. Indonesia hanya menyediakan tempat dan dukungan politik (urus izin pamit TKA).

Munculny program/kegiatan perlu dukungan diplomasi uang. Diplomasi atau kesepakatan politis, tak akan berjalan tanpa dukungan asas sama-sama diuntungkan. Tidak ada pihak yang merasa dirugikan sepeser pun.

Kepentingan partai politik bisa mengalahkan kebutuhan rakyat di semua tingkatan. Namun adab bernusantara, ramah kebijakan dan kepentingan global. Daya pikat yang dikandung nusantara diperhitungkan oleh dunia. Status kawasan perdagangan bebas dunia menjadi ajang promosi gratis. Mendongkrak citra-pesona-wibawa penguasa.

Meningkatnya investasi tak akan lepas dari realitas. Bahwasanya posisi dan nilai tawar Indonesia dalam memanfaatkan investasi, sebagai pihak yang seolah kalah perang. Ikatan perjanjian tertulis, menjadikan Indonesia wajib mengikuti ketentuan yang diajukan investor. Termasuk sanksinya. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar