Halaman

Kamis, 02 Februari 2023

katakan yang tidak kau ketahui

katakan yang tidak kau ketahui 

Ungkapan, filosofi maupun rumus berkehidupan. Pilih pilihan yang paling mudah dan hemat energi, sanksi ringan, resiko minim. Diminati semua golongan darah maupun tipologi perwatakan. Uraian pakai bahasa manusia. Menyesuaikan kapasitas daya cerna pencernaan kaum pemakan nasi. Hindari salah tafsir. Tidak ada kelompok sasaran yang disasar. Pasal HAM (hak asasi manusia) menjadi rujukan acuan. Di depan hukum semua setara dan setali tiga uang.

Esok hari masih ada sarapan. Kecuali status keduniaan anda berubah total. Meninggalkan nama baik maupun tradisi keilmuan. Bermodalkan amal yang tidak ada matinya. Iringan doa anak saleh.

Karakteristik generasi nusantara, silau masa lampau vs galau masa depan. Ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan terhadap perjalanan hidup generasi masa depan sudah sedemikian sistematis, terukur dan dinamis.

Kendati kejahatan politik, intimidasi politik, penyakit politik, politik kriminal belum dibakukan. Akumulasinya menimbulkan bencana politik yang sambung menyambung menjadi satu. Atau sesuai kearifan lokal. Politik adalah cara konstitusional, legal, sah untuk menegakkan kejayaan masa silam. Masa depan gemilang bangsa serahkan kepada mekanisme dan kekuatan pasar global.

Mengacu istilah Jawa adalah weruh sakdurunge winarah. Filosofi politik penguasa pun mendominasi praktek demokrasi nusantara yang seyogyanya bisa demokratis.

Kejadian harian yang dialami manusia di muka bumi. Ada cuplikan masa depan yang ditayangkan liwat sarana mimpi malam. Kebanyakan melalui proses mimpi kosong melompong di siang bolong. Sambil bengong. Khususnya bagi besar harap ketimbang operasi senyap. Paralel antar episode, selain gerak linear. Melakukan beberapa kesibukan dalam batas penggal waktu yang sama. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar