Halaman

Jumat, 10 Februari 2023

anyang-anyangen mbokdé mukiyo, dudu enyang-enyangan

anyang-anyangen mbokdé mukiyo, dudu enyang-enyangan 

Sudah tahu bahwasanya nilai tawar nusantara kian tawar. Date modified 2/12/2020 6:35 AM di personal laptop. Pengaruh nyata pada praktek politik luar negeri bebas aktif. Fakta yang dijadikan hipotésis cukup simpel, sederhana dan mudah dicerna nalar awam. Koalisi, kolusi, kongsi, kolaborasi,  kompromi parpol pro-penguasa utawa konsesus politik hanya berlaku di pilpres. Tidak laku di pilkada, terlebih pilkada serentak.

Kawanan politisi kambuhan, karbitan, dadakan sampai model oplosan, daur ulang, cetak ulang menambah khazanah petugas, pegiat, pelaku partai. Semakin orang betah sebagai ketua umum sebuah parpol, menyiratkan ada titipan atau warisan ideologi serba-guna. Tidak ada hubungannya dengan pola partai politik terbuka atau tertutup.

Politik menjadi agama di NKRI. Berkah politik dengan mendapat nikmat dunia, menjadikan pihak mana saja bisa lupa daratan, mabuk udara dan linglung laut serta asas pagar makan tanaman.

Parasit politik, benalu politik menjadi modal utama parpol pemula pesta demokrasi. Penumpang jarak dekat, sekedar cari nama, cari muka. Setiap pilpres selalu  muncul parpol dadakan, kader karbitan. Ambisi, pamrih begitu kentara di setiap gebrakan. Pemain watak yang ringan kata memanipulasi watak diri. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar