Halaman

Rabu, 30 Agustus 2023

ketinggalan 1 (satu) judul, berat kejar target harian

ketinggalan 1 (satu) judul, berat kejar target harian 

Maunya tiap hari bisa tayang 3-4 judul atau minimal 100 judul per bulan. Buka laptop, pasca subuh. Ketika internet modem bisa akses, biasanya malam hari atau cuaca bersih. Mau tak mau, matak aji uber setoran. Diusahakan tanpa daur ulang judul senasib atau alinea dengan kandungan kata yang sama. Justru ambil alinea karya tulis pihak lain, untuk gubah-rubah-ubah diksi.

Perjuangan berat jusru pada penetapan judul. Kepastian judul menentukan proses narasi. Seni membuat judul, termasuk penggunaan bahasa. Oplosan antara bahasa nasional dengan bahasa daerah. Enak disimak. Wujudan spesifikasi olah kata. Selaku simpulan sederhana, pembuka wacana wawasan.

Kontradiksi dengan isi judul. Jika jelang tengah malam, sudah tayang 4 (empat) judul. Bukannya merdeka dari target harian. Malah beban untuk mencetak tayangan yang lebih bunyi. Hindari artikel kodian, asal jadi, standar.

Evaluasi mingguan efektif untuk menyeimbangkan emosi dengan fakta diri. Biarkan faktor eksternal mengusik batin. Berita picisan, recehan bisa diolah menjadi menu berklas. [HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar